Selasa, 27 Maret 2012

Manusia dan Cinta Kasih


Pengertian Cinta Kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya WJS Poerwadarminta. Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada). Ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai menaruh belas kasihan.
Pengertian tentang cinta dikemukakan oleh Dr. Sarlito.W.Sarwono. dikatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan.. Yang dimaksud dengan keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia. Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan saying. Kemesraan yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang.
Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan,pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegangan tegus pada syariat-Nya.

Unsur Tentang Cinta
Dalam bukunya seni mencinta, Erich Fromm menyebutkan, bahwa cinta itu terutama memberi, bukan menerima. Dan memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuan. Yang paling penting dalam memberi ialah hal-hal yang bersifat manusiawi, bukan materi. Cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu, yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatian dan pengenalan.

A. Pengasuhan
Contohnya, cinta seorang ibu pada anaknya; bagaimana seorang ibu dengan rasa cinta kasihnya mengasuh anaknya sepenuh hati.

B. Tanggung Jawab
Dalam arti benar adalah tindakan yang sama sekali suka rela yang dalam kasus hubungan ibu dan anak bayinya menunjukan penyelenggaraan atas hubungan fisik.

C. Perhatian
Yang berarti memperhatikan bahwa pribadi lain itu hendaknya berkembang dan membuka diri sebagaimana adanya.

D. Pengenalan
Keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.dengan ke empat unsur tersebut,yaitu pengasuhan,tanggung jawab,perhatian dan pengenalan, suatu cinta dapat di bina dengan lebih baik.

Pengertian tentang cinta di kemukakan juga oleh Dr Sarlito W. Sarwono. Dikatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan, keintiman, kemesraan.

A. Keterikatan
Adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dia.

B. Keintiman
Adanya kebiassan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia susah tidak ada jarak lagi.

C. Kemesraan
Adanya rasa ingin membelai atau di belai. Rasa kangen kalau jauh atau lam tidak bertamu. Adanya ucapan- ucapan yang mengungkapkan rasa sayang.

BENTUK CINTA
Dalam kehidupan manusia cinta menampakan diri dalam berbagai bentukterkadang orang mencintai dirinya sendiri ataupun orang lain,atau juga istri dan anaknya,hartanya,atau Allah dan Rasulnya.dalam Alqur’an kita dapat melihat berbagai bentuk cinta.

A. Cinta pada diri sendiri
Cinta pada diri sendiri adalah cinta yang sangat erat dengan dorongan menjaga diri sendiri,senang untuk bertahan hidup,mengembangkan potensi dirinya,dan mengaktualitaskan dirinya.dia mencintai apapun yang baik yang datang pada dirinya.dan sebaliknya dia akan benci apapun yang menghalangi dirinya untuk tetap hidup,berkembang dan beraktualita.

B. Cinta kepada sesama manusia
Agar manusia dapat hidup dengan penuh keserasian dan keharminosan dengan manusia lainnya,tidak boleh tidak ia harus membatasi cintannya pada diri sendiri dan egoismenya.pun hendaknya ia mennyeimbangkan cintanya itu dengan cinta dan kasih sayang pada orang lainnya.

C. Cinta Seksual
Cinta erat kaitannya dengan dorong seksual.sebab ia yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang,keserasian,dan kerjasama antara suami dan istri.
Faktor primer bagi kelangsungan hidup keluarga :
“dan diantara tanda tanda kekuasaannya ialah dia menciptakan untikmu istri istri dari jenismu sendiri,supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan dijadikannya diantaramu rasa kasih dan sayang,sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda bagi yang berfikir.QS,Ar-Rum,30:21)

D. Cinta kepada Ayah dan ibu
Cinta kepada ayah dan ibu asalah cinta dimana yang muncul begitu saja,yang memang merupakan cinta yang muncul karena kasih sayang mereka yang begitu tulus,yang menjadikan mereka menjadi sumber ckesenangan,kegembiraan,kekuatan,dan kebanggaan.

E. Cinta kepada Allah SWT
Puncak dari cinta manusia,cinta yang paling suci,yang paling bening,jernih dan spiritual adalah cinta kepada Allah SWT juga kerinduan kepadanya.cinta yang muncul dengan ketakwaan dan keikhlasan yang menjadikan kehidupan menjadi lebih baik dan menunjukan pada jalan yang benar,jalan yang penuh keberkahan.

F. Cinta kepada Rasul
Cinta kepada rasul yang diutus Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta,menjadi peringkat ke2 setelah cinta kepada Allah SWT,karena Rasul adalah ideal sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku,moral dan juga sifat luhur lainnya.

Kasih Sayang
Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggungjawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggungjawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu.

Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.

Pemujaan
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.

Belas Kasihan
Dalam surat Yohanes dijelaskan ada 3 macam cinta. Cinta Agape ialah cinta manusia kepada Tuhan. Cinta Philia ialah cinta kepada ibu bapak (orang tua) dan saudara. Dan ketiga cinta erros atau amor ini ialah cinta antara pria dan wanita. Beda antara cinta amor dan eros ini adalah citna eros cinta karena kodrati sebagi laki-laki dan perempuan, sedangkan cinta amor karena unsur-unsur yang sulit dinalar, misalnya gadis normal yang cantik mencintai dan mau menikahi seorang pemuda yang kerdil. Cinta terhdap sesama merupakan perpaduan cinta agape dan cinta philia. Cinta sesame ini diberikan istilah belas kasihan untuk membedakan antara cinta kepada orang tua, pria-wanita, cinta kepada Tuhan. Dalam cinta kepada sesama ini diberi istilah belas kasihan, karena cinta disini buka karena cakapnya, kayanya, cantiknya, melainkan karena penderitaannya.


Contoh Studi Kasus

Jakarta (ANTARA News) - Berbekal tujuh cinta kasih, Lionel Andres Messi mendulang puja-puji dan mengeduk aneka predikat sebagai pemain bola hebat sejagad. Yaaarrgh...!

Messi disejajarkan dengan sejumlah nama beken di ajang bola, sebut saja Puskas, Di Stefano, Pele, Cruyff, Maradona, Zidane. Striker Barcelona berusia 24 tahun itu kini mengantongi pendapatan setahun mencapai 632 juta dolar AS per tahun. Tajir bener dia, kata orang dengan logat Betawi.

Cinta akan bola, yang telah digeluti puluhan tahun oleh manajer gaek Manchester United Alex Ferguson, akhirnya diarahkan kepada seruan hati bahwa Messi dibaptis sebagai salah satu pemain terbaik di antara yang terbaik. "Messi pemain terbaik di antara yang terbaik," kata Fergie.

Kalau Fergie mencintai dunia bola, maka Messi mengasihi jagat bola sebagai sebuah seruah hati. Keduanya berseru, hanya  dengan cinta kasih, jagat bola semarak. Timbal balik, artinya cinta yang mengasihi dan kasih yang mencintai. So sweet....

Ternyata, Messi punya tujuh cinta kasih. Cinta kasih pertama, ia paham bahwa asal muasal hubungan cinta adalah seruan hati. Bara kasih akan Barcelona sebagai klub yang membesarkannya, kemudian membawa Messi kepada kesetiaan.

Messi yang memenangi penghargaan FIFA Ballon d'Or dua tahun berturut-turut, yakni 2010 dan 2011, punya kesetiaan dan kerendahan hati tiada tara.

Ia ingin terus setia sampai akhir karirnya bersama dengan Barcelona. Ia tidak tergiur dengan kemilau Liga Premier. Ini cinta kasih kedua Messi. "Seseorang tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Jika memang dapat saya putuskan, saya akan tetap berada di Barcelona sampai akhir karir di  bola," katanya. Ini cinta kasih kedua.

Cinta kasih ketiga. Di "sekolah" Barcelona, Messi menimba kerendahan hati. Ia selalu menyebut bahwa sukses gemilang yang diraihnya tidak lepas dari ketelitian dan kejelian sang guru Joseph Pep Guardiola. "Sejak ia tiba, ia terus melatih kami dengan gaya bermain seperti ini. Ia terus menyemangati kami untuk menciptakan lebih banyak gol," katanya.

Tiga keping cinta kasih Messi mengerucut kepada saripati cinta kasih, yakni keterlibatan perasaaan dan pengalaman dari aku dan engkau.

Sebagai persekutuan dari cita-cita besar Catalan, Messi bersama rekan-rekannya di Barca di bawah komando Pep memproklamasikan diri sebagai pengusung panji bertuliskan "aku dan engkau menjadi kita". Kekuatan Barca ada dalam kekitaan.

Cinta kasih Messi sungguh bertuah. Messi membawa Argentina merebut medali emas di ajang Olimpiade Beijing 2008. Sejak bergabung pada 2004, Messi urun sumbang segepok gelar bergengsi kepada Barca.

Tiga kali gelar Liga Champions, lima kali gelar La Liga, dua trofi Piala UEFA, satu gelar Copa del Rey dan lima gelar Supercopa de Espanas. Demikian digdaya cinta Messi, demikian berdaya kasih Messi kepada Barcelona.

Cinta kasih keempat, Messi lebih memilih kehangatan persahabatan. Ia tidak menganggap uang adalah segalanya. Meski ia sadar telah menerima begitu banyak uang, Messi menaruh cinta dan persahabatan sebagai yang utama dan yang pertama.

"Uang bukan faktor yang utama. Uang tidak akan dapat membeli saya atau membuat saya tampil gemilang. Dengan tampil (bekerja) baik sebagai pemain bola, saya memperoleh uang, dengan begitu, saya menjadi kaya," katanya.

Rahasia cinta kasih keempat membuahkan cinta kasih kelima Messi. Cinta akan uang tidak dapat diukur secara obyektif, karena cinta kasih mencakup seluruh diri manusia. Cinta yang minta dijelas-jelaskan kesungguhannya, belum menjadi cinta dalam arti sepenuhnya.

Tidak terkesan mengejar pencitraan diri, Messi mengucapkan terima kasih atas semua pujian terhadap segudang prestasinya. Ia berterima kasih atas pujian yang datang dari berbagai pihak, baik pemain maupun pelatih, bahkan dari luar klub.

"Ini hal yang indah ketika rekan-rekan klub lain berbicara tentang saya dengan cara ini. Dari sini, saya berterima kasih kepada mereka," ujar Messi.

Cinta kasih keenam dan ketujuh Messi menggumpal dalam pernyataan filsuf Gabriel Marcel. Kalau seorang yang aku cintai tidak cocok dengan gambaranku, maka ia tetap saja dapat dicintai, kata Marcel.

Dan segudang prestasi Messi bersama Barcelona memantik pernyataan sebagaimana dikemukakan oleh playmaker Roman Riquelme, "Argentina adalah Messi tanpa Barcelona, dan Spanyol adalah Barcelona tanpa Messi."

Artinya, cinta kasih Messi mengarah kepada satu penegasan bahwa aku hanya melihat orang lain sebagai engkau. Messi adalah gabungan antara Cristiano Ronaldo dengan kecepatannya yang luar biasa, George Best dengan kelihaian berimprovisasi yang aduhai, dan Gerd Muller dengan ketepatannya menempatkan diri yang membuat lawan kocar-kacir. Meski Messi tetaplah Messi.

Dan pacar Messi, Antonella Rocuzzo menyatakan, "Ia sungguh orang Argentina dari orang Argentina umumnya".
(A024)



Opini

Menurut pendapat saya memang cinta kasih Messi sungguh luar biasa, terlebih cinta kasihnya dalam bermain sepak bola. Hal inilah yang harus dicontoh oleh para pesepakbola lainnya. Bermain bola tidak harus keras, tapi harus didasari oleh cinta dan kasih. Salut untuk Lionel Messi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar